PENDEKATAN DAN METODE PENILAIAN PERUSAHAAN
Suatu cara umum dalam menetapkan nilai
dengan menggunakan satu atau lebih metode penilaian khusus, adapun Pendekatan
Penilaian yang lazim digunakan dalam Penilaian Usaha/Perusahaan adalah:
1. Pendekatan Pendapatan (Income
Approach) ; adalah
suatu cara umum menetapkan indikasi nilai dari suatu business, hak kepemilikan
atas bisnis atau sekuritas dengan cara menghitung Nilai Kini (Present Value)
dari keuntungan yang diantisipasi (SPI-2007 PPPI-6 Penilaian
Bisnis, butir 5.14.2).Terdapat 2 (dua) metode umum dalam pendekatan pendapatan:
i
Metode Analisis diskonto Arus Kas (discounted cashflow method) atau Metode Deviden (Devident Method). Metode penilaian usaha/saham dimana
nilai kini dari pendapatan ekonomi mendatang dihitung dengan menggunakan
tingkat diskonto tertentu.
ii
Metode kapitalisasi pendapatan (capitalized income method). Metode penilaian
usaha/saham dimana pendapatan ekonomi pada satu waktu tertentu dikonversi
menjadi nilai dengan membagi tingkat kapitalisasi tertentu.
2. Pendekatan Pasar (Market
Approach) ; adalah
suatu cara umum menetapkan indikasi nilai dari suatu business, kepemilikan atas
bisnis dan sekuritas yang membandingkan objek yang dinilai dengan bisnis,
kepemilikan atas suatu bisnis atau sekuritas yang pernah dijual (SPI-2007 PPPI-6 Penilaian Bisnis, butir 5.14.1).
Terdapat 2 (dua) metode dalam pendekatan Pasar:
i
Metode pembanding perusahaan terbuka (guideline publicly traded company method).
Nilai ekuitas (dan nilai perusahaan/kapital) diperkirakan dengan cara
mengalikan suatu ukuran nilai yang diperoleh dari data transaksi jual-beli yang
pernah/sedang terjadi dari perusahaan-perusahaan yang digunakan sebagai
pembanding pada suatu variabel nilai.
Perusahaan-perusahaan yang digunakan sebagai pembanding haruslah yang
sejenis industrinya.
ii
Metode pembanding perusahaan merjer dan akuisisi (guideline merged and acquired company method).
Merupakan variasi dari metode pembanding perusahaan terbuka, dimana
pembanding yang digunakan adalah transaksi saham mayoritas yang umumnya
(tetapi) tidak selalu merupakan kepemilikan mutlak (100%)
3. Pendekatan Aktiva (Asset-Based
Approach) ; adalah
suatu cara umum menetapkan indikasi nilai dari suatu bisnis atau sekuitas yang
berdasarkan langsung pada penilaian kembali aktiva dan kewajiban dari suatu
badan usaha (SPI-2007 PPPI-6 Penilaian
Bisnis, butir 5.14.3). Terdapat 2 (dua) metode dalam pendekatan
aktiva:
i
Metode akumulasi aset (asset
accumulation method) lebih dikenal dengan nama
adjusted book value method. Nilai
perusahaan atau nilai ekuitas diperkirakan dengan terlebih dahulu melakukan
penyesuaian pada nilai buku dari tiap-tiap pos yang ada di neraca (baik aktiva
maupun kewajiban) menjadi nilai pasarnya.
Nilai perusahaan adalah seluruh aktiva minus hutang yang bukan komponen
struktur kapital. Nilai ekuitas adalah
seluruh aktiva minus seluruh kewajiban.
ii
Metode kapitalisasi kelebihan pendapatan (capitalized excess earnings method).
Sama dengan metode akumulasi aset, tetapi aktiva tak berwujud dianggap
sebagai satu kesatuan dan dinilai secara kolektif dengan proses kapitalisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar