Kamis, 13 Juni 2013

PENDEKATAN DAN METODE PENILAIAN PERUSAHAAN



PENDEKATAN DAN METODE PENILAIAN PERUSAHAAN

Suatu cara umum dalam menetapkan nilai dengan menggunakan satu atau lebih metode penilaian khusus, adapun Pendekatan Penilaian yang lazim digunakan dalam Penilaian Usaha/Perusahaan adalah:
 
1.       Pendekatan Pendapatan (Income Approach) ; adalah suatu cara umum menetapkan indikasi nilai dari suatu business, hak kepemilikan atas bisnis atau sekuritas dengan cara menghitung Nilai Kini (Present Value) dari keuntungan yang diantisipasi (SPI-2007 PPPI-6 Penilaian Bisnis, butir 5.14.2).Terdapat 2 (dua) metode umum dalam pendekatan pendapatan:

i       Metode Analisis diskonto Arus Kas (discounted cashflow method) atau Metode Deviden (Devident Method). Metode penilaian usaha/saham dimana nilai kini dari pendapatan ekonomi mendatang dihitung dengan menggunakan tingkat diskonto tertentu.

ii       Metode kapitalisasi pendapatan (capitalized income method).  Metode penilaian usaha/saham dimana pendapatan ekonomi pada satu waktu tertentu dikonversi menjadi nilai dengan membagi tingkat kapitalisasi tertentu.


2.       Pendekatan Pasar (Market Approach) ; adalah suatu cara umum menetapkan indikasi nilai dari suatu business, kepemilikan atas bisnis dan sekuritas yang membandingkan objek yang dinilai dengan bisnis, kepemilikan atas suatu bisnis atau sekuritas yang pernah dijual (SPI-2007 PPPI-6 Penilaian Bisnis, butir 5.14.1).  Terdapat 2 (dua) metode dalam pendekatan Pasar:

i       Metode pembanding perusahaan terbuka (guideline publicly traded company method).  Nilai ekuitas (dan nilai perusahaan/kapital) diperkirakan dengan cara mengalikan suatu ukuran nilai yang diperoleh dari data transaksi jual-beli yang pernah/sedang terjadi dari perusahaan-perusahaan yang digunakan sebagai pembanding pada suatu variabel nilai.  Perusahaan-perusahaan yang digunakan sebagai pembanding haruslah yang sejenis industrinya.

ii       Metode pembanding perusahaan merjer dan akuisisi (guideline merged and acquired company method).  Merupakan variasi dari metode pembanding perusahaan terbuka, dimana pembanding yang digunakan adalah transaksi saham mayoritas yang umumnya (tetapi) tidak selalu merupakan kepemilikan mutlak (100%)


3.       Pendekatan Aktiva (Asset-Based Approach) ; adalah suatu cara umum menetapkan indikasi nilai dari suatu bisnis atau sekuitas yang berdasarkan langsung pada penilaian kembali aktiva dan kewajiban dari suatu badan usaha (SPI-2007 PPPI-6 Penilaian Bisnis, butir 5.14.3).  Terdapat 2 (dua) metode dalam pendekatan aktiva:

i       Metode akumulasi aset (asset accumulation method) lebih dikenal dengan nama adjusted book value method.  Nilai perusahaan atau nilai ekuitas diperkirakan dengan terlebih dahulu melakukan penyesuaian pada nilai buku dari tiap-tiap pos yang ada di neraca (baik aktiva maupun kewajiban) menjadi nilai pasarnya.  Nilai perusahaan adalah seluruh aktiva minus hutang yang bukan komponen struktur kapital.  Nilai ekuitas adalah seluruh aktiva minus seluruh kewajiban.

ii      Metode kapitalisasi kelebihan pendapatan (capitalized excess earnings method).  Sama dengan metode akumulasi aset, tetapi aktiva tak berwujud dianggap sebagai satu kesatuan dan dinilai secara kolektif dengan proses kapitalisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar